Friday, July 15, 2016

Bermain Pokemon Go

Pokemon Go
Perusahaan pengembang aplikasi berbasis game  Niantic, Inc., The Pokemon Company, dan Nintendo Co., LTD mulai beberapa waktu yang lalu mengerjakan sebuah proyek bersama  untuk mengembangkan sebuah game baru yang diberi nama Pokémon Go. Game ini sebenarnya adalah pengembangan dari game lama yang namanya hampir sama, yaitu Pokemon. Pokemon pertama kali dibuat dan diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada tahun 1995. Berfokus pada konsep dimana manusia dapat menangkap hewan liar yang nantinya dapat dijadikan peliharaan dengan menggunakan sebuah kandang berbentuk bola, Pokemon menjadi sangat populer di kalangan usia anak-anak hingga dewasa baik pria maupun wanita.

Sebagaimana tujuan awalnya, Pokémon Go ditujukan untuk iPhone dan Android yang merupakan IOS dengan pengguna yang paling banyak . Pokémon Go akan menggunakan sistem pencarian lokasi, membantu para pemain untuk mencari dan menemukan pokémon yang tersembunyyidi dunia nyata. Maksudnya adalah para pemain akan diberi kesempatan untuk menangkap pokemon di lingkungan sekitar mereka, tentu saja dengan menggunakan aplikasi yang terhubung di ponsel berkamera dengan memanfaatkan kelebihan navigasi satelit.  Pihak pengembang sendiri selain mengharuskan pemain mencari dan menangkap pokemon yang ada secara gratis, juga menyediakan beberapa item yang bisa dibeli dengan uang nyata untuk mempercepat pengembangan Pokemon yang dimiliki gamers.

Untuk bermain Pokémon Go, gamers akan dibekali dengan device tambahan berupa perangkat smartwatch bernama Pokémon Go Plus yang berfungsi untuk membantu pemain agar selalu terupdate dengan apa yang terjadi di game, walaupun pemain tidak berada di dekat smartphone miliknya. Pokémon Go Plus terhubung langsung dengan smartphone lewat koneksi bluetooth, yang akan menampilkan notifikasi apabila ada pokémon muncul di dekat lokasi gamers berada. 

Berbagai jenis Pokemon dapat ditemukan di beberapa area geografi dunia. Sebagai contoh, jika gamers pergi ke daerah sungai, mereka akan berpeluang untuk menemukan Pokemon berjenis air. Setelah menangkap pokeman, gamers melalui trainers bertugas untuk melatih Pokemon yang telah ditangkap. Kita dituntut untuk meningkatkan level dari Pokemon tersebut agar bisa semakin kuat. Salah satu hal yang menarik yaitu, setiap gamers bisa saling bertukar Pokemon atau berkompetisi dengan membuat Pokemon saling bertarung bersama gamers lainnya. 

Cara Bermain Pokemon Go
Untuk bermain Pokemon Go sendiri, gamers harus mengunduh versi APK Pokemon Ball di Android. Untuk versi iOS, pengguna bisa membuat akun App Store negara Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru. Kemudian kita akan  diberi pilihan untuk sign up lewat akun Google atau Pokemon Trainer Club hingga proses pendaftaran selesai. Selanjutnya, gamers akan diposisikan sebagai trainer bagi pokemon yang tertangkap. Dalam hal ini, gamers bebas memoles penampilan trainer, mulai dari warna rambut, warna kulit, hingga pakaian.
Cara Bermain Pokemon Go

Pada awalnya,  akan diberi kesempatan menangkap Pokemon pertama di manapun pemain berada dengan berbagai jenis yaitu berupa Bulbasaur, Charmander, Squirtle, bahkan sang primadona Pikachu. Untuk menangkap Pokemon pertama kali, bisa menggunakan Pokeball yang berwarna merah putih dengan mengarahkan Pokeball ke arah Pokemon, lalu ditembakkan ke arah Pokemon. Jika tembakan tepat, Pokemon akan masuk ke Pokeball dan menjadi milik pemain. Pemain bisa mengumpulkan sebanyak-banyaknya jenis Pokemon dengan berpindah tempat. Dalam permainan ini, juga dikenal dua istilah dasar yaitu Pokeball dan Candy. Pokeball berfungsi untuk menjadi wadah Pokemon yang hendak ditangkap. Sementara itu, Candy berfungsi untuk menambah kekuatan Pokemon.

Bagaimana, apakah gamers terpikat untuk memainkan game ini? Silahkan saja, tapi perlu diperhatikan berbagai batasan-batasan dalam memainkan game ini agar tidak menimbulkan permasalahan.  Jangan sampai kita bermain Pokemon Go dengan tidak memperhatikan lokasi tempat kita bermain, apakah itu di jalan raya, lokasi publik milik orang lain, lokasi umum yang memerlukan ketenangan seperti tempat ibadah dan rumah sakit ataupun lokasi-lokasi yang berbahaya bagi diri kita. Intinya adalah bijak dalam bermain Pokemon Go

No comments:

Post a Comment